Toko Penjual Furniture Ukiran (Cukli) Khas Pulau Lombok

Sejak puluhan tahun yang lalu kerajinan cukli sudah dikenal di pulau Lombok. Saya sendiri mengenal kerajinan Cukli semenjak pulau Lombok di kunjungi wisatawan, sepertinya hanya wisatawan lah yang mampu membelinya.

Walaupun khas pulau Lombok sepertinya di Lombok jarang orang menggunakan furniture dengan ornament berbahan cukli, menurut saya sih hanya orang tertentu yang memilikinya. Artinya ornament cukli ini tergolong mahal sehingga para rumah tangga enggan untuk memilikinya.

Selain itu Furniture berbahan kayu dengan ornament cukli ini kurang pas atau tepat di ruangan sempit, karena wujudnya biasanya besar dan kaku, jadi harus di tempatkan di ruang yang cukup luas agar bisa terlihat elegant.

Apa Itu Kerajinan Cukli, Sebelum Membeli Penting Untuk Tau

“Cukli. Ya begitulah istilah yang kami sebutkan untuk kerajinan ini. Seni Cukli terpisah dengan kerajinan kayu, tapi Cukli sangat identik dengan pekerjaan kayu.

Cukli sendiri merupakan corak khas kerajinan kayu di Lombok (bukan kerajinan ukiran) Pengrajin Cukli terpisah dengan pengrajin kayu dengan keahlian yang spesifik tidak seperti halnya kerajinan ukir furniture Jepara.

Pengrajin kayu akan berimajinasi dengan bentuk struktur model yang disesuaikan dengan kebutuhan terhadap furniture. Pengrajin Cukli bukan pengrajin ukiran tapi lebih dekat ke ornament.

Baca Juga: Furniture dari Bahan Kayu

Tentu Cukli ini akan dibubuhkan pada kayu sebagai hiasan atau ornament penggantian ukiran. Jadi jika di tempat lain kayu diberi ukiran tapi di Lombok kayu diberi ornament Cukli sebagai pengganti ukiran.

Jadi Cukli ini merupakan ornament yang dibubuhkan pada permukaan kayu terutama pada: Lemari, kursi, meja, panel, kusen, bingkai dan lain sebagainya.

Proses Pembuatan Pola Cukli Pada Objek Kayu 

Cukli dibubuhkan pada ornament kerajinan dari bahan kayu. Proses pembuatan Cukli ini sangat rumit, membutuhkan keahlian dan kejelian dalam membentuk pola.

Bahan Cukli terbuat dari kulit kerang yang dibentuk persegi, persegi panjang, segi tiga, trapesium, ketupat dan bujur-sangkar. Yang pasti tidak ada yang berbentuk bulat.

Baca Juga: Furniture dan Kerajinan Tangan dari Bahan Bambu

Lokasi Beberapa Tempat Pengerajin Cukli Di Lombok Yang Bisa Anda Temukan 

Pengrajin Cukli ada di 2 tempat di Kota Mataram, yaitu di desa Sesela dan Rungkang. Terutama desa Rungkang lebih menekuni kerajinan Cukli ini sementara desa Sesela melakukan kedua hal tersebut.

Terkadang sebagian pengrajin desa Sesela membuat bahan kayunya atau membentuk furniture yang sudah jadi kemudian untuk urusan Cukli diserahkan ke desa Rungkang.

Jadi 2 tempat ini saling berkaitan, barang yang sudah jadi diserahkan ke pihak ke dua untuk proses finishing. Hal inilah yang membuat furniture dari ornament bahan Cukli menjadi lebih mahal hingga bisa menjadi 2 x lipat dari harga furniture biasa tanpa ada ornament Cukli.

Harga Furniture Dengan Ornamen Cukli Lebih Mahal

Jadi jika Anda ingin membeli furniture berbahan ornament Cukli sudah bisa memperkirakan harganya atau tinggal dikalikan 2 X lipat saja ya, karena proses membenamkan Cukli tak kalah sulit dan rumit dengan proses pembuatan bahan dasarnya.

Jadi jika Anda seorang wisatawan, kerajinan dengan ornament Cukli ini bisa Anda jadikan suvenir yang bergengsi untuk Anda hadirkan di ruangan rumah Anda sebagai sesuatu yang bisa dibanggakan.

Harga perkiraan untuk satu set kursi dan meja jika berbahan kayu Mahoni sekitar 11 Juta – 13 Juta dan jika berbahan Kayu jati harga berkisar 15 Juta – 17 Juta. Haraga akan tergantung bahan kayu, ukuran dan tingkat kesulitan motif yang digunakan.

Melayani Pengiriman Antar Kota Atau Antar Daerah

Biasanya toko penjual furniture ini melayani pengiriman antar daerah dengan menggunakan jasa pengiriman atau Cargo yang sudah biasa mereka gunakan, tentu harga barangnya akan ada tambahan ongkos kirim sesuai lokasi atau daerah tujuan.

Pengiriman bisa ke kota – kota di pulau  jawa, seperti Jakarta, Bandung Bogor, Jawa Tengah, Malang Surabaya dan lain sebagainya.

Tak usah khawatir, barang yang anda beli pasti akan sampai ke tujuannya. Bisa juga dengan DP 50% kemudian dibayar setelah sampai di lokasi kota anda atau di rumah anda. Hal seperti ini sudah biasa dan sering kami lakukan.

Banyak juga pembeli yang datang sebagai wisatawan keudia mengunjungi toko dengan diantar oleh sopir ke toko, lalu berhubungan sendiri dengan pemilik toko untuk urusan pembayaran dan pengiriman.

kursi tamu ornamen cukli

Kursi tamu dengan ornamen cukli

kursi dengan ornamen cukli

kursi dengan tempelan ornamen kerang

lemari dengan ornamen cukli

Lemari dengan ornamen cukli

lemari cukli

proses penempelan cukli

proses pembuatan lemari bahan cukli

kursi dengan ornamen cukli sebelum difinishing

ukiran panel dinding

ukiran panel dinding

Aneka ukiran panel dinding

Aneka ukiran panel dinding

kerajinan cukli

topeng Lombok bahan Cukli

pernak pernik bahan cukli

pernak pernik kerajinan cukli

pernak pernik kerajinan cukli

pernak pernik kerajinan cukli

pernak pernik kerajinan cukli

pernak pernik kerajinan cukli

pernak pernik kerajinan cukli

topeng Lombok bahan Cukli

topeng Lombok bahan Cukli

topeng Lombok bahan Cukli

pernak pernik kerajinan cukli

pernak pernik kerajinan cukli

pernak pernik kerajinan cukli

pernak pernik kerajinan cukli

pernak pernik kerajinan cukliKursi panjang berbahan ornamen cukli

pernak pernik kerajinan cuklipernak pernik kerajinan cukli

Saya Supardani
#
Agent (Online)
×

Silahkan perkenalkan nama, alamat & kota Kecamatan Anda. Untuk lebih meyakinkan kami silahkan tunjukkan foto kartu identitas Anda (KTP / SIM) "Terimakasih.