Harga Borongan Rumah / m2

Sebelum membahas mengenai harga borongan bangunan rumah per meter Sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu bahwa untuk membangun rumah ini membutuhkan jasa kontraktor. Sebenarnya membangun rumah ini pun bisa dilakukan sendiri, namun jika anda kurang mampu membangun sendiri.

Bangunan rumah dengan kualitas menengah Rp 3.500.000 / m2

Maka membangun rumah dengan bantuan jasa kontraktor merupakan pilihan terbaik untuk anda. Karena dengan bantuan jasa bangun rumah ini maka anda bisa mendapatkan bangunan yang lebih baik dan lebih rapi.

Hal ini karena setiap pekerjaan pembangunan rumah ini dikerjakan oleh tukang yang berpengalaman. Sehingga proses membangun rumah pun akan lebih rapi dan hasilnya sesuai keinginan klien.

Bangunan rumah dengan kualitas standar Rp 2.500.000 / m2

Selain itu jasa kontraktor pun bisa memberikan harga borongan bangunan plus material terbaik untuk klien. Dengan begitu klien bisa lebih berhemat dalam membangun rumah. Dalam membangun rumah ini tukang borongan bekerja dengan sistem paket serta jumlah bayaran yang pantas sedari awal.

Seperti diketahui bahwa harga borongan bangunan ini berbeda-beda harganya. Tergantung dari pekerjaan apa yang dilakukan serta spesifikasi rumahnya. Secara umum harga borong bangun rumah diuraikan seperti berikut ini.

Baca Juga: ANEKA TYPE RUMAH MINIMALIS

  • Standar

Yakni borong upah plus material sebesar Rp 2.500.000 / m2 atau borong upah saja sebesar Rp. 800.000/m2.

Untuk spesifikasi-nya antara lain pondasi batu kali, lantai keramik kualitas biasa, dinding batu bata finish plester aci. Untuk plafond gypsum rangka hollow atau kayu dan genteng rangka baja kayu atau ringan.

  • Menengah

Borong upah plus material sebesar Rp 3.500.000 / m2 atau borong upah Rp 1.000.000/m2.

Dengan spesifikasi hampir serupa dengan rumah kualitas standar. Akan tetapi kualitas bahan material yang dipakai lebih baik. Misalnya dari keramik yang dipakai memiliki ukuran 60x60cm dengan harga lebih mahal dari rumah standar.

  • Atas

Yaitu borong upah plus material sebesar Rp 4.500.000 / m2 atau borong upah sebesar Rp 1.500.000 / m2.

Hal ini merupakan bangunan yang tergolong serba mewah. Misalnya lantainya memakai marmer atau granit, dindingnya menggunakan batu alam, terdapat berbagai ornamen kayu dan lainnya. Tentunya harga borongan bangunan per meter persegi ini menjadi lebih tinggi.

Berikut ini ada contoh menghitung harga borongan rumah per meter persegi yang perlu anda ketahui.

  • Bangunan rumah yang akan dibangun adalah kualitas menengah dengan ukuran 6×12 m. Berarti luasnya 72 m2.
  • Dari data diatas kita bisa dapatkan borong upah plus material = Rp.3.500.000.
  • Jadi untuk totalnya yaitu 72 m2 x Rp. 3.500.000 = Rp. 252.000.000

Catatan : Harga borongan bangunan plus material tersebut hanya perkiraan saja. Karena setiap daerah tentunya memiliki tarif yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan demografis-nya juga.

Jika anda ingin mendapatkan harga borongan bangunan per meter persegi dengan lebih terjangkau. Maka beberapa hal berikut ini bisa anda pertimbangkan.

Baca Juga: HARGA UPAH BORONGAN BANGUNAN PER METER

  • Buat rencana pembangunan

Pertama, anda bisa membuat rencana membangun rumah dengan baik dan tepat. Mulai dari dana, ukuran rumah sampai target penyelesaian rumah. Jika anda salah memperhitungkannya maka harga borongan rumah per meter persegi 2019 bisa membengkak.

  • Gunakan desain minimalis

Kedua, memilih desain rumah minimalis malah akan membuat anda mendapatkan harga borongan rumah per meter yang lebih terjangkau.

  • Tentukan bentuk bangunan

Ketiga, pertimbangkan dengan baik bentuk rumah seperti apa yang akan dibangun. Jika bentuk bangunan rumit maka anda bisa jadi mendapatkan biaya borongan bangun rumah 2019 yang lebih mahal. Oleh sebab itulah pastikan membuat rumah yang simpel bentuknya.

  • Survey harga bahan material

Keempat, harga bahan material yang dipilih juga bisa memengaruhi harga borongan bangunan plus material. Jadi jangan ragu untuk keluar masuk toko bahan bangunan untuk mendapatkan bahan material terbaik.

  • Pilih jasa kontraktor terbaik

Kelima, pemilihan jasa kontraktor untuk membangun rumah ini pun akan memengaruhi biaya borongan bangun rumah. Jadi pastikan dengan baik bahwa anda memilih jasa kontraktor yang berpengalaman dan terpercaya. Jangan mudah tergoda dengan penawaran harga murah atau rumah anda yang akan menjadi korban nantinya.

  • Bikin ruangan multifungsi

Keenam, membangun rumah dengan banyak ruangan justru membuat anggaran lebih mahal. Maka dari itulah sebaiknya anda membuat ruangan yang multifungsi saja. Misalnya menggabungkan ruang tamu dengan kelurga dan dapur menyatu dengan ruang makan.

Sumber: cekhargabahan.com